My Gallery

Rabu, 20 November 2019

TINJAU LAYANAN HUKUM, 120 MAHASISWA UNILA PRAKTEK KERJA LAPANGAN DI LAPAS KOTAAGUNG






Tanggamus, hari ini Rabu (20/11) sebanyak 120 mahasiswa bagian pidana fakultas hukum Universitas Lampung melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Lapas Kotaagung, untuk meninjau dan mengetahui layanan hukum serta program pembinaan yang ada di Lapas Kotaagung sebagai bentuk KKL dalam mata kuliah Sistem Pemasyarakatan dan hukum Penitensier yang ada di Fakultas Hukum Universitas Lampung. 

Kalapas Kotaagung, Sohibur Rachman menyampaikan "Sesuai dgn surat dari universitas Lampung, fakultas hukum dalam rangka melaksanakan kerja lapangan di Lapas Kotaagung. Dengan kehadiran mahasiswa ini, secara ilmuan, cara pikir dan pola tindak, bagaimana sistem pemasyarakatan mereka bisa melihat sendiri secara langsung, Karena paradigma yg muncul diluar sama yaitu penjara itu menakutkan. Dgn adanya kerja lapangan disini, mereka bisa langsung melihatnya. 
Mahasiswa yg datang sebanyak 120 mahasiswa, dan 10 dosen pendamping. Kegiatan ini hanya berlangsung 1hari.
Dalam kegiatan hari ini ada 3 rangkaian yaitu, pembukaan, tinjau lapangan dan diskusi bersama, Kami juga membuka pembahasan tugas dan pokok fungsi kami di penjara". Ujar Sohibur Rachman.

Sebagai penanggung jawab kegiatan, Nikmah Rosidah menyampaikan ucapan terima kasih dalam penyambutan dan memberikan tempat untuk mahasiswa melaksanakan PKL di Lapas Kotaagung. "Tahun 2014 kami juga sudah pernah berkunjung ke Lapas Kotaagung, saat itu bangunan pada waktu itu bangunan masih terlihat biasa saja namun saat ini dibawah pimpinan bapak Sohibur Rachman bangunan dan pembinaannya sangat cemerlang, petugas pun terlihat cakap dalam menangani 410 orang narapidana lapas Kotaagung yang mayoritas adalah narapidana bermasalah pindahan dari lapas lain". Ujar Nikmah Rosidah sebagai Dosen pengajar bagian Hukum Pidana.

Rombongan berjumlah 6 orang tenaga pengajar dan 4 org administrator yang diketuai oleh ibu Diah Gustiniati sebagai ketua tim Dosen mata kuliah Sistem Pemasyarakatan dan Hukum Penitensier dan Nikmah Rosidah sebagai Penanggung Jawab kegiatan.

Tika salah satu mahasiswa hukum juga menimpali bahwa semua hak dan layanan di lapas Kotaagung sudah sangat layak dan kita juga sudah melihat langsung bahwa pembinaan di Lapas Kotaagung sangat baik. 
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar